Wednesday, April 27, 2005

Profil Anak Jkt Taon 80-an

Profil Anak Jkt Taon 80-an :

1. Sewaktu SD mengalami perpanjangan tahun akademik 1978/79
2. Masih ngerasain acara 12 Pas, Catatan Si Boy, Pro Kamu, ataupun masih
ngenalin suaranya Ida Arymurti, Iwan Haryono atau Artha Bangun di Prambors
666 AM.
3. Ikut naik atap rumah untuk ngeliat Cilandak menyala
4. Pernah ada yg ngajakin nongkrong di Dairy Queen Blok M melawai
5. Pernah punya textbook dgn tulisan 'Sesuai Kurikulum 1975'
6. Ikut panik ketika Turbo diisukan meninggal karena HeadSpin
7. Ikut 'rush' borong kaset ke Aquarius Mahakam atau Duta Suara pada malam
31 Juni 1988 (karena esok harinya harga kaset naik dari Rp.
2.750,- menjadi Rp. 4.500,-/ Rp5.000,-)
8. Yang suka porno pornoan pasti pernah baca stensilan atau pernah baca
Nick Carter
9. Pernah ngerasain sekolah setengah hari karena:
a) Ada pertandingan Muhammad Ali vs Larry Holmes (1980)
b) Wajib nonton Janur Kuning (1981)
c) Wajib ikut apel akbar Wajib Belajar di Stadion Utama Senayan (2
mei 1984)
d) Wajib nungguin parade api PON (1988)
10. Pernah punya salah satu produknya Nike (sepatu, kaos kaki, singlet...)
11. Bosan nungguin gerhana matahari total yg ternyata lamanya minta ampun
12. Ikut menjadi peserta Pilot Project, serta mempromosikan Senam
Kesegaran Jasmani
13. Ngeliat banyak mobil diceperin dan dikasih stiker tulisan "Turbo" atau
"Mugen Power"
14. Pernah punya sepatu merek Lotto atau Panther
15. Pernah dapet pembagian Susu Ovaltine atau Milo di sekolah
16. Channel TV cuman TVRI doang
17. Kalo hari minggu nonton "Little House On The Prairie"
18. Anak-anak cewek pada demen sama produknya Sanrio i.e. Hello Kitty, My
Melody, Little Twin Star, etc
19. Pernah ngeliat "Sepatu Bandung" model-model 'All-Star' dipenuhi dengan
label-label pakaian tapi warnanya luntur kalo dicuci ditambah aksesori
tali-tali sepatu yang nggak kalah ajaib warna dan motifnya 20. Kalo pake
celana jeans, dilipet sampe pas dibawah dengkul, pake slayer, kemeja
flanel kotak-kotak yang dikancingin cuman satu paling atas, sambil
nenteng-nenteng tas sekolahan buatan JayaGiri atau Alpina 21. Pernah punya
sepeda BMX yang ditinggiin setiang listrik. Minimal pernah temenan sama
yang punya.
22. Masih hapal nama tokoh2 di film si Unyil
23. Di kepalanya masih terngiang-ngiang lagu 'Suzanna'-nya The Art Company
24. Pernah nongkrongin video rental untuk dapetin episode terbaru
serial Voltus atau Goshogun.
25. Pernah nyewa film Ikkyu San di video rental dari no. 1-5, tapi abis
itu kecewa soalnya nomer selanjutnya kagak diproduksi lagi.
26. Komik Dragon Ball belum ada. Paling ada juga komik Mimin.
27. Pernah ikut-ikutan Break Dance dan maen Sepatu Roda...
28. Nonton The Legend of Condor Heroes di videotape yg berformat BETA...
29. Pernah ngedengerin lagu 'Madu dan Racun'-nya Ari Wibowo ama
'Kugadaikan Cintaku'-nya Gombloh...
30. Demen ama drama Losmen, Rumah Masa Depan, sama ACI.
31. Dipinggiran jalan suka ada coretan Destroyer, Tee-Ice, dsb.
32. Suka ama klip musik video Top Pop 10, 15, dst.
33. Rambut John Taylor Duran-duran digandrungin banget.
34. Ngadu biji asem, sampe dibakar biar kuat asemnya.
35. Main kwartet kalo pulang sekolah.
36. Kalo 'nggak pake' abonemen, bayarnya bis Rp. 25,-
37. Punya buku kenangan yang kebanyakan isinya diakhiri dengan "Don't
forget to remember.."
38. Hafal lagu-lagunya Queen.
39. Gandrung sama grup Chaseiro-nya Chandra Darusman and PSP, grup dangdut
anak-anak UI.
40. Suka pake tatto bonus dari lolipop chuppa chups
41. Kalo nonton konser, yang manggung perform repertoar band panutan,
kayak Cockpit/Freddy Tamaela jadi Genesis/Phil Collins, Ikang jadi Rod
Stewart (suaranya diserak-serakin sampe jadi serak beneran)
42. Saben taon kudu nyari tiket Guruh & Swara Mahardikanya
43. Fariz RM masih nggebuk drum
44. Hafal kata2-nya semua lagu dari kaset Sabda Alamnya Chrisye,
bahkan yg aneh2 dan sok Kawi (karangan Guruh)
45. Taman Kodok sentra breakdance
46. Pernah dipaksa study tour ke TMII dan kudu bikin karya tulis
padahal nongkrongnya di tukang teh botol
47. Baca komiknya Trigan di majalah Hai
48. Rambutnya di-punk rock, rada jriwis2 kayak Kim Wilde tapi ada
bagian yg panjang dikepang kecil2 kayak Adam Ant terus
dijepit/digantungin aksesori kecil2 berwarna warni
49. Bajunya lengan pendek tapi digulung2 lagi kayak preman, padahal nggak
ada ototnya.
50. Sempet ikut panik waktu ada "sanering" kecil2an, waktu nilai
rupiah sempet jeblok. Padahal nggak pengaruh sama uang jajan. Tetep aja
nggak cukup.
51. Nonton Sarinah kebakaran, soalnya jaman dulu belom musim bakar2an yg
gede2.
52. Sempet nangis waktu dinosaurus temennya kumkum mati
53. Ngumpulin poster dari majalah Gadis
54. Hari Kartini kudu nyewa baju daerah (mudah2an sekarang enggak usah)
55. Yang cewek kaos kakinya ada kepala bonekanya
56. Pada bangga banget pake jam digital, biar ALBA juga
57. Kalo upacara nyanyi Satu Nusa Satu Bangsa, refrainnya suka
ditambah2in sendiri "In..."
58. Di sepanjang jalan Sabang lagunya Fiesta Forever melulu. Owner of the
Lonely Hearts. Karma Chameleon.
59. Pada rame2 beli walkman (baru keluar sih)
60. Pada rame2 beli skateboard lengkap sama tempurung lutut-sikunya,
padahal maen otopet aja nggak becus (ngiri... hehehe)
61. Kartu kwartetnya yg superhero lokal, Gundala Putra Petir, Kregah
Manusia Batu, Pangeran Mlaar, dll.
62. Masak nyewa video Beta-nya klip musik, mending Dallas atawa Silat...
63. Cewek2 mesen sepatu kain dari Justine Bandung... pas becek pada
memble...
64. Gara2 John Tralala jadi saban pesta kudu nyewa peralatan disko... 65.
Bolos waktu gunung Galunggung meletus... padahal jauh...
66. Sempet panik waktu ada kerusuhan di Senen/lapangan Banteng waktu Oma
Irama kampanye PPP... maklum belom berpengalaman rusuh
67. Sempet kagum sama Imaniar dkk "The Kids"
68. Semua kasetnya Vina dikoleksi... bakal nggantiin koleksi Sanggar
Cerita...
69. Sebelom ada Srimulat, pada nonton Bing Slamet koboi cengeng... koboi
Edy Sud di bar mesennya beras kencur...
70. Saben hari Minggu nonton Mono (Lesmono)...
71. Kalo beli kasetnya Chicha sama Diana Papilaya boleh minta
poster... hayoooo
72. Komik Tintin versi lokal, kertasnya kertas koran... kasian...
73. SMA 6 vs SMA 9 vs SMA 11... always..
74. Nonton Meriem Bellina jadi Brooke Shields di Blue Lagoon...
75. Cewek-cewek rambutnya sempet di"talang" (gaya Farrah Fawcett)... 76.
Sempet heran... kok kalo Faradilla Sandy digebuk pantatnya sama ibu tiri,
yang berdarah idungnya... hayoo...
77. Jenneke bilang ternyata dia nggak doyan San Rio melainkan
Baikin-kun... ada lagi!!
78. Terus sempet nangis soalnya nggak dapet sepatu Big Boss padahal yg
laen2 pada pake itu...
79. Dan ternyata si Ida Iasha sempet di-talang rambutnya ... maklum
gandrung Farrah Fawcett di "Charlie's Angels"... untung nggak
dimiripin "Bear" yang di BJ & the Bear ...
80. Mobil2 ditempelin sticker Kuwahara...
81. Di jalan Lombok itu yg namanya cakwe, Rp 25,- udah dapet sepasang...
82. Sempet ngalamin era mobil bolak-balik di sepanjang Melawai setiap sore
weekend...hehehe.... LM
83. Selain mobil diceperin, juga banyak pick-up yang dikasih ban kayak
donat. 84. Setidaknya sempet maen ke Parkir Timur malem-malem pake jaket
olahraga, iket kepala, en bawa compo utk ngadu breakdance...hehehe 85.
Munculnya istilah "Tari Kejang" yang seumur jagung.
86. Kalo nyetel tape di mobil yang kedengeran cuman treble-nya
doang...biar kedengaran dari luar nge chesss.....hehehe
87. Jamannya lagu disco era "Big Fun", terus diskotek yang kondang "Musro"
alias Music Room.
88. Pakaian seragam yang bener itu kemejanya dikeluarin, lengannya
digulung sampe tinggi, kemudian kancingnya dilepas dua... biar
keliatan outlaw... hehehe... cool man...!
89. Maen sepatu roda disco di Lipstik atau di Happy Days...... wah....
memory yang susah dilupain.......
90. Tuker-tukeran label nama warna-warni sesama teman... hihihi..
91. Simbol status sosial dari merek sepatu.
92. Yang pernah pergi ke Singapore naik derajatnya, bisa diterima di cool
gang.
93. Kalau ulang tahun nraktirnya di KFC, cuman temen deket yang
diajak, kalau nggak ke ajak sedihnya sampai ultah berikutnya.
94. Nomor telepon masih enam digit. Yang nggak punya telpon biasanya terus
ngasih nomor tetangga.
95. Yang ikut drumband berarti bergaul.
96. Pake sepatu Kickers, yang hi-top atau yang high-heels, atau yang
sandal (yang banyak tiruannya).
97. Hafal hampir semua lagu dalam film "Grease"-nya John Travolta dan
Olivia Newton John.
98. Selalu nungguin tayangan Oshin
99. Waktu tiba-tiba wajib pakai label "OSIS" di kantong dan "nama
sekolah" di lengan baju sekolah, pasangnya pake lem supaya gampang dicopot
100. Cewek-cewek pada pake sepatu kanvas langsing dengan warna jreng,
mereknya Apple Green (atau Apple Pie?) pokoknya cuma ada di Aldiron. 101.
Sebel ngeliat cewek-cewek kakak kelas yang rambutnya talang terus ke
mana-mana bawa saputangan handuk warna-warni
102. Punya koleksi komik Nina nggak? Harus lengkap loh!
103. Tau kalau di AH ada apple pie yang enak banget. Sekarang udah nggak
ada lagi ....... hot dognya juga enak, lebih enak daripada yang di Gelael.
104. Dulu jalan-jalan di mallnya di Ratu Plaza, trus, bangga banget kalau
hari Senin bisa cerita ke temen-temen habis belanja sama ortu di Gajah
Mada Plaza (soalnya mirip yang di Singapur, padahal belum pernah ke
Singapur)
105. Kalau ke disko harus dandan habis, pakai anting yang lebih gede
daripada daun telinga. Trus ke mana ya.... oh, ke Ebony, Musro, trus
ke.....(Lupa namanya, yang di Hotel Jayakarta. Tapi nggak lama
kemudian tempat itu jadi kampungan sekali karena banyak yang langsung
turun dari mikrolet, aih kasar, apa ya namanya... lupa!!!)
106. Waktu SD, harus udah pernah makan di KFC. Aduh, konsumtif sekali.
107. Dulu bisa ke Duta Suara bawa 10.000 perak dan borong 10 kaset. 108.
Harus punya koleksi LCLR Prambors dan hapal lagu-lagunya.
109. Harus punya turtle neck! Biar mirip sama yang di majalah Gadis. 110.
Jangan pura-pura lupa yang suka sok macho dan sok outlaw (cewek termasuk!)
kalo pake sepatu, bagian belakangnya diinjek...
111. Sempet maksa pagi2 lari pagi di senayan rame-rame padahal cuman
numpang nongkrong & makan bubur.
112. Suka "ngelinting" pinsil... pokoknya alat tulis pinsil, bolpen, dan
juga rokok dijepit dgn jari jempol & telunjuk lantas jari
tengahnya menowel & memutar... nggak jelas bakal apaan.
113. Buat yang ngaku2 fansnya chaseiro... hayo sebutin nama aslinya si
pemilik nama yang dipake untuk huruf "o"... anggota DPR lho....
114. Pernah rame2 pulang sekolah makan burger di AH (a-ha) Blok M.. abis
itu ke jalan Sabang... (ih.. nekat tuh).
115. Saben hari ke Duta Suara... dulu boleh berjam-jam nyobain kaset
sekeranjang... akhirnya cuman beli satu...
116. Cowok- cowok pada idola-in Vera Kinan yang sering muncul di
sampul Gadis, terus cewek-ceweknya pada demen ama Elmo. Ih.. imut
katanya (Elmo-nya Sesame Street juga imut... hi.hi..)
117. Kalo nyewa filem Megaloman / Zabogar patungan Rp 50/anak lima orang.
118. Bangun pagi, wajib nonton Unyil di TVRI. Untuk ngeliat si Nenek sihir
dan burung gagaknya (..kwaakkkk...baik bibi ayu....kwaakk)
119. Acara lagu masih Album Minggu Kita - TVRI palingan sebulan sekali
Selekta Pop
120. Film seri paling ngetop...Return to Eden!! kalo sampe enggak
nonton, besokannya di sekolah orang-orang pada ngerumpiin itu
film..........eh kepaksa banyak nanya,bo!!
121. Pernah beli poster kartonnya Bruce Lee sama Billy Idol, minimal
pernah ngeliat tuh poster
122. Pernah langganan majalah Bobo, trus demen ama Deny Manusia Ikan sama
Pak Janggut
123. Rajin nabung tapi tiap ngeliat serial Lima Sekawan pasti tu
celengan dipecahin
124. Doyan maen game watch ampe rebutan ama temen, giliran Atari
keluar ngerengek rengek minta dibeliin
125. Tiap hari Senen selalu mikir gimana caranya bolos upacara bendera
tanpa ketahuan
126. Kalo lagi suntuk butuh ketawa, rame rame ke bioskop buat nonton
Warkop padahal versi videotape Beta-nya ada
127. Suka ngimpi selalu beruntung & populer kayak Ryan Hidayat versi Lupus
atau Kaya tapi budiman [??????] kayak Onky Alexander [Catatan Si Boy]
128. Soundtrack ama gaya dari film film TV sebangsa The A Team ama CHIPS
masih terngiang ngiang tiap kali mo tidur
129. Masih terharu tiap kali ngeliat film Ari Hanggara
130. Ngidolain keluarga bahagia kayak Sophan Sophiaan ama Widyawati 131.
Nggak pernah ngelewatin perkembangannya New Kids On The Block di TV ama di
majalah Kawanku trus giliran Michael Jackson jadi icon pada rame rame
niruin gaya jalan Moonwalkernya Michael Jackson
132. Tiap tanggal 30 September pasti pada males nonton TV soalnya
bosen, acaranya pasti film G30S/PKI
133. Nonton konser rock kayak Festival Rock pada duduk diem paling banter
headbanging sendirian soalnya masih belom ngerti moshing moshingan 134.
Sebulan sekali jadi anak manis, nemenin ortu belanja bulanan di
supermarket biar dapet bonus duit jajan ama coklat toblerone
135. Kalo duit jajan abis sebelum waktunya, tiap pulang sekolah mesti rame
rame nebeng mobil bokapnya temen, kalo nggak mesti nyetopin mobil pick
up biar bisa pulang gratisan

3 negara

Tiga negara, yaitu Amerika, Inggris, dan Indonesia berlomba-lomba
menentukan siapa diantara mereka yang lebih dulu menggunakan
teknologi canggih dengan meneliti keadaan tanah negaranya masing-
masing untuk melihat siapa yang terhebat di masa yang lalu.
Disepakati penelitian dimulai dari Amerika trus Inggris & terakhir
Indonesia.

Di Amerika, stl penggalian sudah mencapai 1000 meter maka ditemukan
kabel tembaga, maka Team Amerika dengan bangganya menyimpulkan bahwa
1500 tahun yang lalu telah dibangun jalur telepon dengan memakai
tembaga di Amerika.

Di Inggris, setelah penggalian sudah mencapai kedalaman 1000 m tidak
ditemukan kabel tembaga, tetapi setelah mencapai kedalaman 1500 m
ditemukan serpihan kaca maka Team Inggris tersebut dengan bangganya
menyimpulkan bahwa 2500 tahun yang lalu telah dibangun jalur
komunikasi dengan memakai Fiber Optik di Inggris.

Dan terakhir di Indonesia, setelah penggalian sudah mencapai
kedalaman 500 m dan 1000 m sampai seterusnya tidak ditemukan apa-apa,
lalu dgn sangat bangganya, maka Team Indonesia menyimpulkan bahwa
5000 tahun yang lalu komunikasi di sini telah menggunakan wireles.

1 ONS BUKAN 100 GRAM

*1 ONS BUKAN 100 GRAM.*

PENDIDIKAN YANG MENJADI BOOMERANG.

Seorang teman saya yang bekerja pada sebuah
perusahaan asing, di PHK akhir
tahun lalu. Penyebabnya adalah kesalahan menerapkan
dosis pengolahan
limbah, yang telah berlangsung bertahun-tahun.
Kesalahan ini terkuak
ketika seorang pakar limbah dari suatu negara Eropa
mengawasi secara
langsung proses pengolahan limbah yang selama itu
dianggap selalu gagal.
Pasalnya adalah, takaran timbang yang dipakai dalam
buku petunjuknya
menggunakan satuan pound dan ounce. Kesalahan fatal
muncul karena yang
bersangkutan mengartikan 1 pound = 0,5 kg. dan 1
ounce (ons) = 100 gram,
sesuai pelajaran yang ia terima dari sekolah.
Sebelum PHK dijatuhkan,
teman saya diberi tenggang waktu 7 hari untuk
membela diri dgn. cara
menunjukkan acuan ilmiah yang menyatakan 1 ounce
(ons) = 100 g. Usaha
maksimum yang dilakukan hanya bisa menunjukkan Kamus
Besar Bahasa
Indonesia yang mengartikan ons(bukan ditulis ounce)
adalah satuan berat
senilai 1/10 kilogram. Acuan lain termasuk
tabel-tabel konversi yang
berlaku sah atau dikenal secara internasional tidak
bisa ditemukan.

SALAH KAPRAH YANG TURUN-TEMURUN.

Prihatin dan penasaran atas kasus diatas, saya
mencoba menanyakan hal ini
kepada lembaga yang paling berwenang atas sistem
takar-timbang dan ukur di
Indonesia, yaitu Direktorat Metrologi . Ternyata,
pihak Dir. Metrologi pun
telah lama melarang pemakaian satuan ons untuk
ekivalen 100 gram. Mereka
justru mengharuskan pemakaian satuan yang termasuk
dalam Sistem
Internasional (metrik) yang diberlakukan resmi di
Indonesia. Untuk ukuran
berat, satuannya adalah gram dan kelipatannya.
Satuan *Ons bukanlah bagian
dari sistem metrik* ini dan untuk menghilangkan
kebiasaan memakai satuan
ons ini, Direktorat Metrologi sejak lama telah
memusnahkan semua anak
timbangan (bandul atau timbal) yang bertulisan "ons"
dan "pound".

Lepas dari adanya kebiasaan kita mengatakan 1 ons =
100 gram dan 1 pound =
500 gram, ternyata *tidak pernah ada acuan sistem
takar-timbang legal*
atau pengakuan internasional atas satuan ons yang
nilainya setara dengan
100 gram. Dan dalam sistem timbangan legal yang
diakui dunia
internasional, *tidak pernah dikenal adanya satuan
ONS khusus
**Indonesia**.* Jadi, hal ini adalah suatu kesalahan
yang diwariskan
turun-temurun. Sampai kapan mau dipertahankan ?

BAGAIMANA KESALAHAN DIAJARKAN SECARA RESMI ?

Saya sendiri pernah menerima pengajaran salah ini
ketika masih di bangku
sekolah dasar. Namun, ketika saya memasuki dunia
kerja nyata, kebiasaan
salah yang nyata-nyata diajarkan itu harus dibuang
jauh karena akan
menyesatkan. Beberapa sekolah telah saya datangi
untuk melihat sejauh mana
penyadaran akan penggunaan sistem takar-timbang yang
benar dan sah dikemas
dalam materi pelajaran secara benar, dan bagaimana
para murid (anak-anak
kita) menerapkan dalam hidup sehari-hari. Sungguh
memprihatinkan. Semua
sekolah mengajarkan bahwa 1 ons = 100 gram dan 1
pound = 500 gram, dan
anak-anak kita pun menggunakannya dalam kegiatan
sehari-hari. "Racun" ini
sudah tertanam didalam otak anak kita sejak usia
dini.

Dari para guru, saya mendapatkan penjelasan bahwa
semua buku pegangan yang
diwajibkan atau disarankan oleh Departemen
Pendidikan Indonesia
mengajarkan seperti itu. Karena itu, tidaklah
mungkin bagi para guru untuk
melakukan koreksi selama Dep. Pendidikan belum
merubah atau memberi-kan
petunjuk resmi.

TANGGUNG JAWAB SIAPA ?

Maka, bila terjadi kasus-kasus serupa diatas,
Departemen Pendidikan kita
jangan lepas tangan. Tunjukkanlah kepada masyarakat
kita terutama kepada
para guru yang mengajarkan kesalahan ini, salah satu
alasannya agar tidak
menjadi beban psikologis bagi mereka ;

*"acuan sistem timbang legal yang mana yang pernah
diakui / diberlakukan
secara internasional , yang menyatakan bahwa : *1
ons adalah 100 gram, 1
pound adalah 500 gram."?*

Kalau Dep. Pendidikan tidak bisa menunjukkan
acuannya, mengapa hal ini
diajarkan secara resmi di sekolah sampai sekarang ?

Pernahkan Dep. Pendidikan menelusuri, dinegara mana
saja selain ndonesia
berlaku konversi 1 ons = 100 gram dan 1 pound = 500
gram ?

Patut dipertanyakan pula, bagaimana tanggung jawab
para penerbit buku
pegangan sekolah yang melestarikan kesalahan ini ?

Kalau Dep. Pendidikan mau mempertahankan satuan *ons
yang keliru* ini,
sementara pemerintah sendiri melalui Direktorat
Metrologi melarang
pemakaian satuan "ons" dalam transaksi legal, maka
konsekwensinya ialah
harus dibuat sistem baru timbangan Indonesia (versi
Depdiknas). Sistem
baru inipun harus diakui lebih dulu oleh dunia
internasional sebelum
diajarkan kepada anak-anak. Perlukah adanya sistem
timbangan Indonesia
yang konversinya adalah 1 ons *(Depdiknas)* = 100
gram dan 1 pound
*(Depdiknas)* = 500 gram. ? Bagaimana "Ons dan Pound
*(Depdiknas)*" ini
dimasukkan dalam sistem metrik yang sudah baku
diseluruh dunia ? Siapa
yang mau pakai ?.

HENTIKAN SEGERA KESALAHAN INI.

Contoh kasus diatas hanyalah satu diantara sekian
banyak problema yang
merupakan akibat atau korban kesalahan pendidikan.
Saya yakin masih banyak
kasus-kasus senada yang terjadi, tetapi tidak kita
dengar. Salah satu
contoh kecil ialah, banyak sekali ibu-ibu yang
mempraktekkan resep kue
dari buku luar negeri tidak berhasil tanpa diketahui
dimana kesalahannya.

Karena ini kesalahan pendidikan, masalah ini
sebenarnya merupakan masalah
nasional pendidikan kita yang mau tidak mau harus
segera dihentikan.

Departemen Pendidikan tidak perlu malu dan basa-basi
diplomatis mengenai
hal ini. Mari kita pikirkan dampaknya bagi masa
depan anak-anak Indonesia.
Berikan teladan kepada bangsa ini untuk tidak malu
memperbaiki kesalahan.

Sekalipun hanya untuk pelajaran di sekolah, dalam
hal Takar-Timbang-Ukur,
Dep. Pendidikan tidak memiliki supremasi sedikitpun
terhadap Direktorat
Metrologi sebagai lembaga yang paling berwenang di
Indonesia. Mari kita
ikuti satu acuan saja, yaitu Direktorat Metrologi.

Era Globalisasi tidak mungkin kita hindari, dan
karena itu anak-anak kita
harus dipersiapkan dengan benar. Benar dalam arti
landasannya, prosesnya,
materinya maupun arah pendidikannya. Mengejar
ketertinggalan dalam hal
kualitas SDM negara tetangga saja sudah merupakan
upaya yang sangat berat.
Janganlah malah diperberat dengan *pelajaran sampah*
yang justru bakal
menyesatkan. Didiklah anak-anak kita untuk mengenal
dan mengikuti aturan
dan standar yang berlaku SAH dan DIAKUI secara
internasional, bukan hanya
yang rekayasa lokal saja. Jangan ada lagi korban
akibat pendidikan yang
salah. Kita lihat yang nyata saja, berapa banyak TKI
diluar negeri yang
berarti harus mengikuti acuan yang berlaku secara
internasional.

Anak-anak kita memiliki HAK untuk mendapatkan
pendidikan yang benar
sebagai upaya mempersiapkan diri menyongsong masa
depannya yang akan penuh
dengan tantangan berat.

ACUAN MANA YANG BENAR ?

Banyak sekali literatur, khususnya yang dipakai
dalam dunia tehnik, dan
juga ensiklopedi ternama seperti Britannica, Oxford,
dll. *(maaf, ini
bukan promosi)* menyajikan tabel-tabel konversi yang
tidak perlu diragukan
lagi. Selain pada buku literatur, tabel-tabel
konversi semacam itu dapat
dijumpai dengan mudah di-dalam buku harian /
diary/agenda yang biasanya
diberikan oleh toko atau produsen suatu produk
sebagai sarana promosi.

*Salah satu* konversi untuk satuan berat yang umum
dipakai SAH secara
internasional adalah sistem avoirdupois / avdp.
(baca : averdupoiz).

1 ounce/ons/onza = 28,35 gram *(bukan 100 g.)*
1 pound = 453 gram *(bukan 500 g.)*
1 pound = 16 ounce *(bukan 5 ons)*

Bayangkan saja, bagaimana jadinya kalau seorang
apoteker meracik resep
obat yang seharusnya hanya diberi 28 gram, namun
diberi 100 gram. Apakah
kesalahan semacam ini bisa di kategorikan sebagai
malapraktek ?
Pelajarannya memang begitu, kalau murid tidak
mengerti, dihukum !!! Jadi,
kalau malapraktik, logikanya adalah tanggung jawab
yang mengajarkan. (*ini
hanya gambaran / ilustrasi salah satu akibat yang
bisa ditimbulkan, bukan
kejadian sebenarnya, tetapi dalam bidang lain banyak
sekali terjadi)*

KALAU BUKAN KITA YANG MENYELAMATKAN - LALU SIAPA ?.

Melalui tulisan ini saya ingin mengajak semua
kalangan, baik kalangan
pemerintah, akademis, profesi, bisnis / pedagang,
sekolah dan orang tua
dan juga yang lainnya untuk ikut serta mendukung
penghapusan satuan "ons
dan pound yang keliru" dari kegiatan kita
sehari-hari. Pengajaran sistem
timbang dgn. satuan Ounce dan Pound seharusnya
diberikan sebagai
pengetahuan disertai kejelasan asal-usul serta
*rumus konversi yang
benar*. Hal ini untuk membuang kebiasaan salah yang
telah melekat dalam
kebiasaan kita, yang bisa mencelakakan / menyesatkan
anak-anak kita,
generasi penerus bangsa ini.

*# # # # # *

*Tulisan ini akan dikirimkan kepada media masa, baik
cetak maupun
elektronik yang mau menyiarkannya demi kepentingan
bangsa. Dipersilahkan
mengubah formatnya sesuai dengan ketentuan penyiaran
masing-masing.*
*Juga kepada sekolah-sekolah, pabrik-pabrik serta
LSM dan masyarakat umum,
untuk diketahui secara luas.*
* Bila anda merasa sependapat dengan saya, setuju
untuk menghentikan
kesalahan ini demi masa depan anak bangsa Indonesia,
silahkan diperbanyak
/ difoto copy dan disebar-luaskan sendiri.*

* *
*Bila anda ragu-ragu terhadap kebenaran tulisan ini,
silahkan
menanyakannya langsung kepada Direktorat Metrologi
atau Balai Metrologi
setempat dikota anda berada. *

* *

*Terima kasih saya ucapkan kepada anda yang peduli
dan mau berpartisipasi
menyelamatkan masa depan anak-anak **Indonesia**.
Semoga Tuhan memberkati
supaya ini, yang kita lakukan dengan tulus ikhlas
tanpa pamrih
sedikitpun.*

* *

*# # # # #*

* *

* *

*Ditengah orang-orang waras, dia yang lain sendiri
dianggap gila.*
*Ditengah orang-orang gila, dia yang waras justru
dianggap gila.*

* *

*Memang banyak orang yang benar, tetapi jangan
diartikan bahwa yang
diikuti banyak orang itulah yang pasti dan selalu
benar.*

LEMBAR PELENGKAP

TAKAR - UKUR - TIMBANG MENGIKUTI SISTEM METRIK YANG
BERLAKU SEJAK THN *1799*.

*Kuantitas*

*Satuan* *Simbol* *Keterangan*
Panjang meter m bukan mtr.
Luas meter persegi m2
Isi / volume meter kubik m3
Berat gram g bukan gr.
Takaran liter l 1 l = 1000
cm3 (cc)
Suhu / temperatur derajat Celcius oC

BEBERAPA SEBUTAN / AWALAN UNTUK FAKTOR PENGALI DALAM
SISTEM METRIK AWALAN
FAKTOR PENGALI SIMBOL / SINGKATAN CONTOH
PEMAKAIAN
giga 1.000.000.000 GHz.
mega 1.000.000
MW kilo
1.000 km
hecto 100
ha
deka 10
dam deci
0,1
dm centi
0,01 cm
milli 0,001
ml
micro 0,000.001
mF

dan seterusnya

Dalam sistem metrik memang dikenal *1 are = 100 m2*
khusus untuk ukuran
tanah yang diakui sah secara internasional.

*Untuk satuan ONS yang mengartikan kelipatan 100 g.,
apalagi POUND yang
mengartikan kelipatan 500 g., tidak pernah ada
didalam sistem metrik
maupun non-metrik / imperial yang pernah
diberlakukan sah secara
internasional.

*
*# # # # #*

*RANGKUMAN SARAN-SARAN, KRITIK DAN KOMENTAR*

*1. *Banyak orang berpendapat bahwa ONS kita ini
tidak ada kaitannya sama
sekali dengan OUNCE.* *

a. Kalau kita baca kamus-kamus Inggris-Indonesia dan
sebaliknya, jelas
bahwa terjemahan "ounce adalah ons" dan "pound
adalah pon" begitu pula
sebaliknya dari Indonesia-Inggris. Bahkan ada
beberapa kamus yang
menterjemahkan "ounce menjadi ons, berat 100 gram."
Tetapi ada juga yang
menterjemahkan "ons,28,3 gram".

*Nara** sumber : Jumlah : 2 orang *
*Profesi : Guru dan Dosen Bahasa Inggris. *

b. Beberapa guru berpendapat bahwa kata "ons" jelas
bukan asli bahasa
Indonesia, karena bahasa Indonesia hanya mengenal 2
konsonan rangkap,
yaitu "ng" dan "ny". Tidak ada konsonan rangkap
"ns". Contoh : "Helm"
kalau di Indonesiakan menjadi "helem". Kalau "ons"
tidak bisa dijadikan
"ones" tentu karena menyangkut suatu acuan yang
harus dilafalkan secara
benar, sama seperti "gram" yang tidak boleh ditulis
menjadi "geram".

*Nara** sumber : Jumlah : 2 orang *
*Profesi : Guru Bahasa **Indonesia**.*

c. Beberapa orang lanjut usia yang cukup terpelajar
membenarkan bahwa "ons
dan pound" itu bawaan Belanda, bukan asli Indonesia,
karena sudah dipakai
sebelum Indonesia merdeka dan diajarkan juga
disekolah HIS maupun HCS
*(masih jaman penjajahan)*. Beberapa diantara mereka
ingat bahwa acuan
konversi yang diterapkan di Indonesia tidak sama
dengan yang diterapkan di
Belanda.

*Nara** sumber : Jumlah : 7 orang. Usia : 77 s/d. 87
tahun. *
*Pendidikan terendah : HCS / HIS. *
*Pendidikan tertinggi : Sarjana*
*Profesi terakhir : Guru, Kontraktor, Dokter,
Pendeta, PN.*

*2.* Acuan internasional yang menyatakan 1 ons = 100
gram , 1 pound = 500
gram jelas-jelas tidak pernah ada. Bahkan Acuan
nasional (kalaupun ada
dulu-dulunya) tidak bisa / tidak boleh dipergunakan
lagi semenjak
diundangkannya UU no.2 tahun 1981 tentang Metrologi
Legal, yang mencabut
dan membatalkan Ijkordonnantie 1.049 Staatsblad
nomor 175.

*Nara** sumber : Jumlah : 1 orang.*
* Profesi : tidak dikenal.*
*3.* Penerbit tidak seharusnya dimintai
pertanggung-jawaban karena semua
materi kurikulum yang harus dibukukan telah mendapat
persetujuan terlebih
dulu dari Dep. Pendidikan.
*Nara** sumber : Jumlah : 1 orang.*
* Profesi : Pengusaha.*

* *

*4.* Tidak perlu memperlebar masalah / mendramatisir
dengan timbangan
versi depdiknas dan sebagainya. Yang penting
bagaimana kesalahan ini bisa
segera diakhiri.
*Nara** Sumber : Jumlah : 1 orang.*
* Profesi : tidak dikenal.*

*5.* Terkejut dan syok berat tapi Setuju bahwa kita
harus menghentikan
kebiasaan salah selama ini dan membiasakan diri
menggunakan Sistem
Internasional yang berlaku. Perlu pengumuman resmi
dari pemerintah dan
penyuluhan masyarakat melalui instansi yang
berwenang.

*Nara** sumber : Jumlah : lebih dari 100 orang.*
* Profesi : Guru, Dosen, Karyawan, Mahasiswa,
Dokter.*

*6.* Para guru tidak bisa dipersalahkan karena
mereka hanya melaksanakan
apa yang telah menjadi kebijakan nasional pendidikan
yang dikeluarkan oleh
Dep. Pendidikan.

*Nara** sumber : Jumlah 14 orang.*
* Profesi : Guru, Ibu Rmh.Tangga, Karyawan. *
* *
*7.* Di dalam Dep. Pendidikan ada bagian yang khusus
melakukan Penelitian,
Pengkajian dan Pengembangan. Kalau ini benar-benar
suatu kesalahan,
...*(hanya geleng-geleng kepala)*

*Nara** sumber : Jumlah : 1 orang*
* Profesi : Dosen.*

Thursday, April 21, 2005

Kenali Wanita dari Cara Berjalannya

Percaya gak percaya....



Tips dari Kanjeng Pengeran Harya Tjakraningkrat dari buku bertajuk "Bethaljemur Addamakna". Menurutnya setiap gerakan wanita ketika berjalan, melambangkan keperibadiannya.

Bila berjalan, dari belakang kelihatan seperti tidak memijak tanah. Golongan wanita yang jalannya berginjat, konon wanita ini adalah wanita yang tidak jujur, bila berbohong, mulutnya laser dan menyinggung perasaan orang lain. Wanita yang berjalan seperti ini juga terkenal dengan sikap egonya. Lebih parah, wanita ini biasanya pemboros atau suka membazir uang tanpa berpikir sebelum berbelanja. Padahal, uangnya itu masih banyak kegunaannya. Tapi jangan berkecil hati, kerana wanita seperti ini biasanya menjadi pujaan lelaki.

Bila berjalan, sering menoleh ke kanan and kiri. Wanita seperti ini biasanya pandai menyimpan rahsia. Walaupun ramai yang menganggap wanita seperti ini tidak jujur, suka menipu teman sendiri, dan merugikan temannya, namun, byk lelaki yang berusaha untuk menaklukan hatinya. Konon wanita seperti ini senang diatur.

Bila berjalan suka menunduk Cara berjalan melambangkan wanita seperti ini memiliki sifat yang tertutup. Ia hanya akan berbicara dengan orang-orang yang dekat dengannya dan dpt dipercaya untuk menyimpan rahasianya. Wanita seperti ini biasanya sukar untuk ditakluk hatinya. Disamping sikapnya yang dingin, wanita seperti ini tidak peduli dengan kehidupan cinta. Namun, jika ada lelaki yang berhasil menawan hatinya, dijamin akan mendapat kebahagiaan. Sebab, wanita jenis ini sangat setia, dan dia tidak akan mengkhianati lelaki yang dicintainya.

Bila berjalan menatap lurus ke depan. Wanita seperti ini biasanya memiliki pendirian yang teguh. Jangan sekali-sekali menentang apa yang pernah dikatakannya, jika anda tidak mau mendengar dia bicara panjang lebar. Meski pendiriannya teguh, tapi selalu berselisih pendapat. Jangan heran jika wanita seperti ini hanya mau bicara dengan orang yang berpengetahuan luas.

Bila berjalan badan bergerak ke kanan dan kiri. Wanita yang berjalan dengan gaya yang sedemikian tidak perduli dengan masalah yang berlaku. Apa pun masalah yang ada dihadapannya, dianggap kecil. Padahal masalah itu sebenarnya memerlukan kebijaksanaan dalam menyelesaikannya. Kerana sifatnya yang suka ambil gampangnya ini, banyak persoalan yang akhirnya tidak dapat diselesaikan dan akibatnya merugikan diri sendiri.

Bila berjalan badan tampak tegak Wanita ini tegas menentukan sikapnya sendiri. Dia tidak mau urusan pribadinya dicampuri orang lain. Gaya bicaranya serius, menunjukkan dia memiliki pendirian teguh. Yang menarik dari wanita ini, ia bertanggungjawap terhadap apa yang pernah dilakukannya. Dia menyenangi lelaki yang mandiri tanpa meninggalkan sifat-sifat romantisnya.

Bila berjalan seperti Jerapah. Maksudnya, ketika melangkahkan kaki, kelihatan bergerak ke depan dan ke belakang. Wanita jenis ini sangat lemah perasaannya. Dia seorang yang mudah terasa dan mudah ersinggung. Jadi, saat anda bicara dengannya cobalah menjaga perasaannya agar tidak tersinggung, wanita ini mudah mengeluarkan air mata.

Bila berjalan sambil cengar-cengir, senyam-senyum tanpa alasan jelas ini wanita gila, agak kurang waras jgn didekati

Bila berjalan sambil nyanyi trus bawa kecrekan Berarti dia WARIA, bukan wanita asli..banyak pria yang takut padanya

Bila berjalan sambil sesekali memamerkan barisan gigi2nya yang putih HATI HATI dia belom di suntik rabies !

Bila berjalan, dari belakang kelihatan seperti tidak memijak tanah Mungkin dia syetan....lariiiiii......hahahhaha......

kalo ada wanita bisa jalan di air, wuah... itu pasti zhang zi yi! :p

Kalo ada wanita berambut panjang menutup muka dan keluar merangkak dari TV anda, maka itu Sadako. Avoid at all cost!

Sunday, April 17, 2005

Traffic Shaping

Traffic Shaping by Terry Dawson -- Traffic shaping is the general term given to a broad range of techniques designed to enforce prioritization policies on a network link. Terry Dawson shows us some of the IP traffic shaping tools available for Linux and a simple example of how to use them.

VSFTPD unix systems

Vsftpd dideklamasikan sebagai FTP server yang paling aman dan cepat di dunia UNIX.
Dalam hal ini untuk optimasi ownership dan kemampuan upload/download akses, de el el, sbb:
* Virtual IP configurations
* Virtual users
* Standalone or inetd operation
* Powerful per-user configurability
* Bandwidth throttling
* Per-source-IP configurability
* Per-source-IP limits
* IPv6
* Encryption support through SSL integration
* etc...

Kita coba liat step2 dan penggunaannya langsung.
1.coba donlot sorznya dulu di http://vsftpd.beasts.org/#download
2.ekstrak dan copy confignya ke /etc
3.kostumisasi file confignya

vsftp.cong
---------------
#matiin login anon user
anonymous_enable=NO
#local user bs ftp
local_enable=YES
#membolehkan nulis ke dir-nya
#write_enable=YES
#semua ftp server make umask ini untuk meng-allow
local_umask=077
#anon_upload_enable=YES
#anon_mkdir_write_enable=YES
dirmessage_enable=YES
xferlog_enable=YES
#buka port ftp
#connect_from_port_20=YES
#chown_uploads=YES
#chown_username=whoever
xferlog_file=/var/log/vsftpd.log
#xferlog_std_format=YES
idle_session_timeout=600
data_connection_timeout=120
#nopriv_user=ftpsecure
#async_abor_enable=YES
#ascii_upload_enable=YES
#ascii_download_enable=YES
#membolehkan donlod
#download_enable=YES
ftpd_banner=Welcome to Bagong FTP service.
#deny_email_enable=YES
#banned_email_file=/etc/vsftpd.banned_emails
#chroot_list_enable=YES
#mengkarantina user spy gak bisa kemana2 selain dir-nya sendiri
chroot_local_user=YES
#memperbolehkan site membuat CHMOD, tapi anon user gak bisa
#chmod_enable=YES
#chroot_list_file=/etc/vsftpd.chroot_list
ls_recurse_enable=YES
listen=YES
background=YES
pasv_enable=YES
port_enable=NO

Saturday, April 09, 2005

SQUID 3 LAUNCHING

Squid 3 mungkin bukan versi stable, tapi bnyk feature yang ditawarkan.
Mungkin bisa dilihat tinjauan global konfigurasi squid ini
------------------------

* Network Parameters
o http_port
o https_port ssl_unclean_shutdown
o ssl_engine
o sslproxy_client_certificate
o sslproxy_client_key
o sslproxy_version
o sslproxy_options
o sslproxy_cipher
o sslproxy_cafile
o sslproxy_capath
o sslproxy_flags
o icp_port
o htcp_port
o mcast_groups
o udp_incoming_address
o udp_outgoing_address

* Logfile pathnames and cache directory
o cache_dir
o logformat
o access_log
o cache_log
o cache_store_log
o cache_swap_log
o emulate_httpd_log
o log_ip_on_direct
o mime_table
o log_mime_hdrs
o useragent_log
o referer_log
o pid_filename
o debug_options
o log_fqdn
o client_netmask

* Options for tuning the cache
o wais_relay_host
o wais_relay_port
o request_header_max_size
o request_body_max_size
o refresh_pattern
o quick_abort_min
o quick_abort_max
o quick_abort_pct
o read_ahead_gap
o negative_ttl
o positive_dns_ttl
o negative_dns_ttl
o range_offset_limit

* Timeouts
o connect_timeout
o peer_connect_timeout
o read_timeout
o request_timeout
o persistent_request_timeout
o client_lifetime
o half_closed_clients
o pconn_timeout
o ident_timeout
o shutdown_lifetime

* Miscellaneous
o dns_testnames
o logfile_rotate
o append_domain
o tcp_recv_bufsize
o err_html_text
o email_err_data
o deny_info
o memory_pools
o memory_pools_limit
o via
o forwarded_for
o log_icp_queries
o icp_hit_stale
o minimum_direct_hops
o minimum_direct_rtt
o cachemgr_passwd
o store_avg_object_size
o store_objects_per_bucket
o client_db
o netdb_low
o netdb_high
o netdb_ping_period
o query_icmp
o test_reachability
o buffered_logs
o reload_into_ims
o always_direct
o never_direct
o header_access
o header_replace
o icon_directory
o error_directory
o maximum_single_addr_tries
o snmp_port
o snmp_access
o snmp_incoming_address
o snmp_outgoing_address
o as_whois_server
o wccp_router
o wccp_version
o wccp_incoming_address
o wccp_outgoing_address

* Options which affect the cache size
o cache_mem
o cache_swap_low
o cache_swap_high
o maximum_object_size
o minimum_object_size
o maximum_object_size_in_memory
o ipcache_size
o ipcache_low
o ipcache_high
o fqdncache_size
o cache_replacement_policy
o memory_replacement_policy

* Administrative parameters
o cache_mgr
o cache_effective_user
o cache_effective_group
o visible_hostname
o unique_hostname
o hostname_aliases

* Options which affect the neighbour selection algorithm
o cache_peer
o cache_peer_domain
o neighbor_type_domain
o icp_query_timeout
o maximum_icp_query_timeout
o minimum_icp_query_timeout
o mcast_icp_query_timeout
o dead_peer_timeout
o hierarchy_stoplist
o no_cache
o background_ping_rate

* Options for cache registration services
o announce_period
o announce_host
o announce_port
o announce_file

* Options for external support programs
o ftp_user
o ftp_list_width
o ftp_passive
o ftp_sanitycheck
o check_hostnames
o cache_dns_program
o dns_children
o dns_retransmit_interval
o dns_timeout
o dns_defnames
o dns_nameservers
o hosts_file
o diskd_program
o unlinkd_program
o pinger_program
o redirect_program
o redirect_children
o redirect_concurrency
o redirect_rewrites_host_header
o redirector_access
o auth_param
o authenticate_cache_garbage_interval
o authenticate_ttl
o authenticate_ip_ttl
o external_acl_type

* Access controls
o acl
o http_access
o http_reply_access
o icp_access
o miss_access
o cache_peer_access
o ident_lookup_access
o tcp_outgoing_tos
o tcp_outgoing_address
o reply_body_max_size
o log_access

* Delay pool parameters
o delay_pools
o delay_class
o delay_access
o delay_parameters
o delay_initial_bucket_level
o incoming_icp_average
o incoming_http_average
o incoming_dns_average
o min_icp_poll_cnt
o min_dns_poll_cnt
o min_http_poll_cnt
o max_open_disk_fds
o offline_mode
o uri_whitespace
o broken_posts
o mcast_miss_addr
o mcast_miss_ttl
o mcast_miss_port
o mcast_miss_encode_key
o nonhierarchical_direct
o prefer_direct
o strip_query_terms
o coredump_dir
o redirector_bypass
o ignore_unknown_nameservers
o digest_generation
o digest_bits_per_entry
o digest_rebuild_period
o digest_rewrite_period
o digest_swapout_chunk_size
o digest_rebuild_chunk_percentage
o chroot
client_persistent_connections
o server_persistent_connections
o pipeline_prefetch
o extension_methods
o request_entities
o high_response_time_warning
o high_page_fault_warning
o high_memory_warning
o store_dir_select_algorithm
o ie_refresh
o vary_ignore_expire
o sleep_after_fork

And coba peering ke open proxy GrangeNet deh..buat tuning prixy lokal kita

# GrangeNet proxy peers ACL
acl proxy_peers src 131.170.184.3/32
acl proxy_peers src 1.1.1.1/32
acl proxy_peers src 1.1.2.2/32
acl proxy_peers src 2.2.1.12/32
acl proxy_peers src 2.2.2.13/32

You will need to apply it at the appropriate point in your configuration, thus:


# Allow access from caches we peer with
http_access allow proxy_peers

Then you'll need to teach Squid about whom to talk to:


# Our peering caches
cache_peer proxy.vpac.org sibling 3128 3130 no-query
cache_peer proxy1.foo.edu.au sibling 3128 3130 no-query
cache_peer proxy2.foo.edu.au sibling 3128 3130 no-query
cache_peer www-cache1.bar.edu.au sibling 3128 3130 no-query
cache_peer www-cache2.bar.edu.au sibling 3128 3130 no-query

You will also need some access controls to prevent forwarding loops:


# Some access restrictions (to prevent forwarding loops)
cache_peer_access www.vpac.org deny proxy_peers
cache_peer_access proxy1.foo.edu.au deny proxy_peers
cache_peer_access proxy2.foo.edu.au deny proxy_peers
cache_peer_access www-cache1.bar.edu.au deny proxy_peers
cache_peer_access www-cache2.bar.edu.au deny proxy_peers

Monday, April 04, 2005

Falsafah perkahwinan menurut Islam

Falsafah perkahwinan menurut Islam

Di dalam al-Quran dijelaskan bahawa tujuan pernikahan adalah untuk mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan, sebagaimana firman Allah yang bermaksud:

"Dan di antara tanda-tanda kebesaran Allah itu bahawa Dia jadikan bagi kamu pasangan hidup agar kamu mendapatkan ketenangan/kebahagiaan bersamanya. Kemudian Allah ciptakan di antara kamu berdua mawaddah dan rahmah." (Surah al-Rum, ayat 21)

Alam ini terasa indah kerana Allah menciptakannya berpasang-pasangan. Ada siang, ada pula malam. Ada tempat yang subur, ada pula yang tandus. Ada gunung-ganang yang tinggi tapi ada juga lembah dan lurah yang dalam. Ada lelaki dan ada pula perempuan.

Allah menciptakan pasangan untuk manusia agar mereka dapat hidup seiring sejalan, berbahagi suka dan duka serta tetap bersama dalam melayari kehidupan yang penuh dengan onak, duri, dugaan, tentangan dan cabaran demi mencapai satu matlamat mendapatkan keluarga sakinah mardatillah.

Selain ketenangan di dalam pernikahan, Allah juga menciptakan mawaddah dan rahmah di hati suami dan isteri. Sebahagian ahli tafsir membezakan makna mawaddah dan rahmah ini.
Bagi mereka, mawaddah adalah rasa cinta berdasarkan syahwat kemanusiaan, iaitu keinginan untuk melakukan hubungan suami isteri yang akan melahirkan dan mengembangkan keturunan manusia.

Mawaddah atau keinginan untuk melakukan hubungan suami isteri ini ada hadnya seiring dengan umur manusia itu sendiri. Apabila seorang lelaki telah berumur 60-70 tahun dan perempuan berumur 50 tahun, mawaddah ini akan berkurangan. Maka, pada saat inilah Allah akan menimbulkan rahmah atau kasih sayang yang suci murni di hati pasangan berkenaan.

Menurut Prof Dr Hamka, rahmah lebih tinggi kedudukannya daripada mawaddah sebab ia kasih mesra di antara suami isteri yang bukan lagi berasaskan keinginan syahwat, sebaliknya rasa kasih sayang murni yang tumbuh dari jiwa yang paling dalam sehingga suami isteri merasakan kebahagiaan yang tidak bertepi dan ketenangan yang tidak berbatas.

Pada masa ini mereka bukan lagi berfikir mengenai tongkat ali, Viagra dan ubat-ubat lain bagi mengembalikan kekuatan tenaga batin tetapi yang mereka inginkan adalah mengisi hari-hari akhir ini dengan beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah sedekat-dekatnya secara bersama-sama.

Mereka juga berusaha memberikan contoh yang baik, teladan dan nasihat kepada anak cucu supaya mereka tidak salah dalam memilih jalan hidup di dunia yang penuh dugaan ini. Inilah hakikat rahmah itu.

Melihat kes yang terjadi di negara kita, di mana dilaporkan sudah banyak terjadi pasangan tua yang berpisah kerana ingin bernikah dengan yang lebih muda, maka dapat dikatakan bahawa terjadi krisis rahmah dalam perkahwinan hinggakan hubungan seks menjadi matlamat.

Pada saat ini, seakan-akan Allah hanya memberikan kepada kita mawaddah tetapi mencabut nikmat rahmah. Akibatnya, kes-kes seperti di atas semakin menjadi-jadi dan kebahagiaan rumah tangga semakin jauh.

Allah akan menurunkan rahmah di dalam satu keluarga apabila keluarga berkenaan dibina atas niat mencari keredaan Allah. Oleh sebab itu, di dalam proses membina satu rumah tangga, Rasulullah memberikan bimbingan kepada umat Islam agar memilih pasangan kerana empat prinsip, iaitu kecantikan, keturunan, kekayaan dan agamanya. Akan tetapi Rasulullah memberatkan agar agama menjadi keutamaan.

Ada kalanya orang memilih pasangan kerana kecantikan dan kekayaan sehingga mereka lupa bahawa kecantikan dan harta bersifat sementara. Begitu juga dengan keturunan dan nasab tidak selamanya menjamin kebahagiaan.

Oleh sebab itulah, Rasulullah menyuruh memilih pasangan kerana agama sebab kekurangan dalam rupa, harta dan nasab atau keturunan akan disempurnakan oleh agama.

Wanita yang beragama akan timbul di wajahnya kecantikan yang lahir dari jiwanya dan menyinari segenap tubuhnya, bukan kecantikan palsu yang diselaputi solekan.

Wanita yang beragama juga akan melahirkan sifat qana'ah, iaitu berasa cukup dengan yang mereka miliki dan tidak terlalu memaksa diri untuk mencapai sesuatu. Sifat inilah yang dikatakan oleh ahli tasawuf dengan kekayaan yang sebenarnya.

Agama pula membezakan seorang manusia dengan manusia yang lain, bukan kerana keturunan dan kedudukan seperti firman Allah yang bermaksud: "Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah adalah orang yang paling takwa."

Oleh itu, keluarga yang dibina atas dasar agama ini akan memiliki matlamat yang jelas.

Bagi mereka, hidup di dunia ini hanyalah satu jalan menuju kehidupan akhirat yang abadi sehingga apa pun yang mereka lakukan dalam keluarga itu tidak keluar daripada tujuan asal untuk mencipta keluarga sakinah yang diredai Allah dan berjuang untuk menegakkan agama Allah dalam semua aspek kehidupan mereka.

Dalam keluarga Islam, hubungan yang dihalalkan melalui pernikahan itu bukan sekadar memenuhi hawa nafsu semata-mata tetapi ia satu ibadah yang bertujuan melahirkan generasi atau zuriat yang soleh.

Keluarga yang soleh ini akan melahirkan masyarakat yang soleh dan akan menjadi asas bagi negara yang soleh, bertamaddun dan berwawasan. Konsep pernikahan seperti inilah yang membezakan manusia dengan haiwan.

Salah satu cara terbaik ialah dengan menanamkan kesedaran kepada masyarakat
mengenai hakikat atau falsafah pernikahan dalam Islam sebagai alat mencipta keluarga sakinah, bukan sekadar memenuhi keperluan syahwat semata-mata.

Pengisian nilai-nilai agama sangat diperlukan dalam sebuah keluarga agar memiliki matlamat yang jelas dalam mengisi sebuah perkahwinan.

Sunday, April 03, 2005

Asal-usul Istilah Gaul

Asal-usul Istilah Gaul

Nih Yee...
Ucapan ini terkenal di tahun 1980-an, kalau tidak salah tepatnya November 1985 pertama kali di ucapkan oleh pelawak Diran, kemudian dijadikan bahan lelucon oleh Euis Darliah...

Memble dan Kece
Ini adalah ciptaan khas Jaja Mihardja, di tahun
1986 kemudian di mainkan dalam Film Memble tapi Kece yang diperankan oleh Jaja Mihardja sendiri dan Dorce Gamalama.

Booo........
Ini ucapan populer di pertengahan awal 90-an, pertama dipoplerkan oleh grup GSP, kalau nggak salah Hennyta Tarigan dan Rina Gunawan yang pertama kali mengucapkan, kemudian kata-kata ini pernah di ucapkan dalam lenong rumpi, tapi kata- kata ini populer dalam lingkungan pergaulan di kalangan artis, Titi DJ-lah orang benar-benar mempopulerkan ucapan ini.

Nek...
Setelah kata-kata Boo... tak lama kemudian muncul kata-kata Nek... bagi generasi yang SMA- nya di pertengahan 90-an pasti mengalami bagaimana populernya kata-kata ini, Ucapan Nek...pertama kali di ucapkan oleh Budi Hartadi seorang remaja di kawasan kebayoran yang tinggal sama neneknya, makanya dia sering ngucapin Nek... kebetulan dia latah jadinya setiap ngomong dia ngucapin Nek...Nek...eh lo mau ke menong, Nek itu contohnya si Budi kalo ngomong ke temennya, si Budi ini seneng gaul di wilayah Tjokro, Menteng ...nah kebetulan ada banci menteng yang denger, kemudian si Banci itu ngikutin kata-kata si Budi, so... banyak Banci ngomong gaya Budi, jadi banyak orang mengira kata-kata ini di populerkan oleh para Banci.

Jayus
Di akhir dekade 90-an dan di awal abad 21, ucapan Jayus sangat populer, kata ini artinya lawakan yang nggak lucu, garing atawa tingkah laku yang mau ngelucu tapi nggak lucu orang yang mengucapkan ini adalah kelompok anak SMU yang bergaul di kita! ran Kemang, konon ada seseorang bernama Herman Setiabudhi, dia dipanggil temen-temennya Jayus, soalnya Bapaknya bernama Jayus Kelana seorang pelukis di kawasan Blok M. Si Herman alias Jayus ini kalau ngelawak nggak pernah lucu, temannya yang bernama Sonny Hassan alias Oni Acan sering ngomentarin tiap lawakan yang nggak lucu dengan celetukan Jayus, ucapan Oni Acan inilah yang kemudian diikuti tongkrongannya di daerah Sajam, Kemang lalu kemudian merambat populer di lingkungan PL, dan anak-anak SMU sekitar Melawai. Puncaknya pas ada acara PL Fair2000 kata-kata Jayus ini banyak di ucapkan.

Jaim
Ucapan Jaim ini di populerkan oleh Bapak Drs.
Sutoko Purwosasmito, seorang pejabat di sebuah departemen, yang selalu mengucapkan kepada anak buahnya untuk menjaga tingkah laku, pada suatu hari Pak Pur, begitu ia sering dipanggil, berpidato di hadapan anak buahnya untuk Jaim, inilah kutipan kata-katanya saudara-saudara sebagai pegawai negeri kita harus Jaim, apa itu Jaim Jaim itu yah...Jaga Imej itulah awal kata- kata Jaim itu populer, kemudian seorang anak buah Pak Pur, Bapak Dharmawan Sutanto, yang punya anak bernama Santi Indraswara, pernah memarahi Santi untuk gak terlalu ngumbar ama temen-temen cowoknya San...kamu kalo jadi cewek harus Jaim..!!!! Santi bengong dengan muka begonya dia nanya Pa...Jaim it! u apa seh..? Pak Dhar langsung keluar kamar Santi sembari ngomong Jaim itu Jaga Imej... Santi yang masih bengong cuman ngucapin ooooh.
Nah hari seninnya Santi pas upacara bendera dia ditugaskan jadi pembaca UUD 1945, diakhir kata dia gak sengaja ngucapin Jaim doooong........
Kepala Sekolahnya langsung noleh ke Santi dan nanya ke Santi apa tuh Jaim Santi dengan santai jawab Jaga Imej...Pak eh Kepala Sekolah dengan muka bego juga cuman ngucapin Ooohh..

Gitu Loooooooooohhh........(GL)
Kata GL pertama kali diucapin oleh Gina Natasha seorang remaja SMP di kawasan Kebayoran, Gina ini punya kakak bernama Ronny Baskara seorang pekerja event organizer, nah si Ronny ini punya temen kantor bernama Siska Utami, pada suatu saat Siska bertandang ke rumah Ronny, pas dia ketemu si Gina, Siska nanya Kakakmu mana si Gina ngejawab di kamar, Gitu Loooohhh.. terus pas di tanya lagi Eh Gina kelas berapa ! sekarang si Gina ngejawab Kelas dua SMP Gitu looohhh..
Yah namanya tamu, Siska trus nanya Gina, kalau yang benerin genteng bocor siapa seh? Gina ngejawab Siapa aja ..Gitu Looohhh sampai sebelas pertanyaan selanjutnya si Gina ngejawb dengan kata-kata Gitu Looohh... Esoknya si Siska di kantor ikut-ikutan latah dia ngucapin kata Gitu Loooohhh...di tiap akhir kalo dia ngomong.

Imam Perempuan Asal Manhattan

Imam Perempuan Asal Manhattan

RUANGAN Synod House di Gereja Katedral Saint John The Divine, New York, terkesan lebih lapang. Deretan bangku yang biasa memenuhi ruangan itu digantikan hamparan karpet biru, Jumat 18 Maret lalu. Sebuah prosesi ibadah yang tak lazim hendak berlangsung di kawasan Upper Manhattan itu. Yakni salat Jumat dengan imam dan khatib seorang perempuan. Tempatnya di gereja pula.

Sponsor ritual itu, Muslim Wake Up! dan Muslim Women's Freedom Tour, menyebutnya sebagai ''Historic Jum'a''. "Kami dengan bangga mensponsori perempuan pertama yang memimpin salat Jumat dengan jamaah campuran gender (laki dan perempuan)," tulis situs Muslim Wake Up! Imam perempuan itu adalah Dr. Amina Wadud, asisten profesor studi Islam di Departemen Filsafat dan Studi Agama, Virginia Commonwealth University.

Dalam pemahaman umum masyarakat muslim, perempuan hanya boleh menjadi imam salat bagi makmum perempuan. Bila jamaahnya lelaki, atau campuran laki dan perempuan, imamnya harus pria. Apalagi untuk salat Jumat. Ibadah mingguan ini hanya wajib bagi pria. Perempuan boleh saja ikut Jumatan, tapi dianjurkan salat lohor saja.

Karena itu, Jumatan dengan imam perempuan terasa lain. Sejak pukul 12.00 waktu setempat, sejam sebelum acara dimulai, 50-an jamaah sudah antre masuk kompleks gereja di ujung Jalan Amsterdam Avenue itu. Belasan polisi New York mengawasi antrean. Setiap orang diwajibkan membuka tasnya, lalu menyerahkan kunci dan peralatan lain dari besi. Badan mereka juga diperiksa dengan detektor.

Sepuluh menit sebelum salat dimulai, seorang pemrotes sempat lolos pemeriksaan. Ia lantas berteriak-teriak menentang acara tersebut, hingga akhirnya diringkus polisi. Sejumlah penentang sempat membawa spanduk bertuliskan, ''Mixed Gender Prayers Today, Hellfire Tomorrow''. Mereka baru pergi setelah diusir polisi.

Semula Jumatan akan berlangsung di Galeri Sundaram Tagore di Soho, New York. Namun, karena ada ancaman bom, akhirnya pindah ke Gereja Anglikan tersebut. "Kami mendapat banyak ancaman," kata Asra Nomani, pendiri Muslim Women's Freedom Tour, kepada Gatra.

Puluhan wartawan tampak campur aduk dengan jamaah. Beberapa wartawan yang tidak paham ketentuan tempat salat diminta mencopot sepatunya atau tidak menginjak karpet. Acara sempat molor 15 menit. Setelah wartawan diminta tidak berdiri menutupi arah kiblat, ritual pun dimulai.

Diawali ucapan selamat datang dari Asra Nomani. Wanita berpostur mungil mantan wartawan Wall Street Journal ini tidak mengenakan kerudung. Rambutnya dibiarkan tergerai sebahu. "Hari ini merupakan hari bersejarah," kata wanita asal Pakistan itu. "Karena posisi kaum wanita yang biasanya di bagian belakang masjid telah dipindahkan ke bagian paling depan.'' Asra telah membuat ''Rancangan 10 Hak Wanita Muslim Dunia''. Di antaranya, hak menjadi imam dan khatib Jumat.

Setelah ucapan selamat datang, dilanjutkan azan oleh Sueyhla El-Attar, penyiar radio di Atlanta, Georgia. "Allahu Akbar... Allahu Akbar!'' seru wanita asal Mesir itu sambil menutup telinga kiri. Suaranya tidak semerdu azan lekaki yang kerap terdengar di TV Indonesia. Sueyhla juga penulis, aktris, dan pernah menyutradarai drama The Vagina Monologues. Seperti Asra, Sueyhla tidak mengenakan jilbab.

Kemudian dilanjutkan dengan zikir, dipandu Saleemah Abdul-Ghafur. Pengarang buku Living Islam Out Loud: American Muslim Women Speak itu membaca surat Al-Fatihah tujuh kali, penggalan surat Yasin ''Salamun qawlun min rabbir rahim'' 33 kali dan ''ya nur'' 100 kali. Saleemah adalah pendiri majalah muslimah Amerika, Azizah. Lulusan Columbia University itu mengenakan kerudung cokelat muda.

Usai zikir, Dr. Amina Wadud masuk ruangan, dikelilingi sejumlah pengawal kulit hitam, juga berjas hitam. Amina berjalan menunduk. Ia mengenakan kerudung panjang warna kembang-kembang ungu dan busana muslim warna ungu. Setelah letak mikrofon dibetulkan, ilmuwan asal Afrika Selatan itu tampil ke depan jamaah sambil membawa dua buku catatan untuk bahan khotbah.

Awalnya, khotbah Amina terdengar membosankan. Banyak jamaah mengantuk. Amina memberikan gambaran bahwa Islam adalah agama cinta damai. Setelah berlangsung satu jam, khotbah penulis buku Qur'an and Woman ini mulai menarik. "Wanita bukanlah seperti dasi yang jadi pelengkap busana saja," kata Amina, "Wanita memiliki posisi yang sama dengan lelaki di segala bidang".

Acara dilanjutkan dengan iqamat oleh Sueyhla El-Attar. Lalu Amina tampil menjadi imam. Jamaah lelaki di sebelah kiri-belakang imam, wanita di kanan-belakang. Laki dan perempuan berdiri sejajar. Tidak ada tabir pembatas antara dua jenis kelamin itu. Beberapa jamaah perempuan tetap membiarkan kepalanya tanpa mukena.

Ketika membaca penggalan surat Al-An'am, usai membaca surat Al-Fatihah, Amina sempat terdiam sejenak. Entah karena tegang atau tak biasa menjadi imam, ia lupa lanjutan ayatnya. Seorang makmum lelaki di belakangnya membantu melanjutkan. Amina menirukan koreksi jamaahnya. Salat Jumat dua rakaat itu berlangsung lancar sampai akhir. Bagi Amina, ini bukan pengalaman pertama memimpin salat Jumat. Tahun 1994, ia pernah juga melakukannya di Afrika Selatan.

Sejumlah suara kontra di Amerika menyebut salat Jumat itu sebagai upaya promosi buku Asra Nomani, berjudul From Mecca to Middle America. Isinya tentang perjalanan Asra usai berhaji bersama anaknya, Shibli. Ia merasa, seharusnya wanita sejajar dengan lelaki. Waktu sembahyang di kotanya, Morgantown, West Virginia, ia masuk masjid dari arah depan. Asra pun dihujat dan diminta lewat pintu belakang.

Perlakuan itu membuat Asra bertekad mengubah posisi wanita muslim. Sebulanan lalu, Asra mengontak Dr. Amina Wadud untuk memimpin salat Jumat. Kabar ini segera menyebar ke berbagai kalangan. ''Kami menerima banyak ancaman, termasuk tuduhan bahwa kami agen CIA,'' tutur Asra kepada Gatra. Karena itu, lokasi Jumatan dikabarkan pada detik akhir. Peserta diminta mendaftar dulu via internet.

Beberapa hari sebelumnya, Aisha al-Adawiya, pemimpin organisasi wanita muslim terbesar di New York, Women in Islam, menuding peristiwa itu digerakkan kekuatan luar. Mohammad Nussrah, anggota kelompok Islamic Thinkers, menilai Amina menjungkirbalikkan interpretasi Islam. "'Kalau ini negara Islam, mereka sudah digantung," kata Nussrah.

Pengusaha teknologi informasi asal Mesir yang berkibar di Chicago, Ahmed Rehab, menulis di Media Monitors Network bahwa Amina dan Asra sangat egois. "Menjadi imam bukanlah prioritas utama perjuangan wanita muslim," ujar Rehab. "Kaum wanita muslim masih mengalami diskriminasi pekerjaan dan tidak mendapat simpati media massa."

Rehab mempertanyakan, apa yang bisa dilakukan Amina setelah diagungkan pendukungnya atau dihujat penentangnya dan headline media massa. "Lalu apa? Titik. Cuma segitu," kata Rehab. "Mereka seperti memanah rembulan dan bintang, meninggalkan dunia fana ini, tanpa perubahan berarti."

Dalam situs Muslim Wake Up!, panitia menjelaskan, acara itu tidak dimaksudkan untuk menyerang muslim lain yang berpandangan beda. "Ini bukan usaha 'mengubah Islam', juga bukan untuk orang lain yang memahami Islam berbeda dengan kami," tulis situs yang Rabu pekan lalu dirusak hacker itu.

Pada dasarnya, kata situs itu, perhelatan tersebut hanya menyuarakan klaim ulang wanita muslim tentang tempatnya yang sah dalam Islam. "Agenda tunggal kami adalah membantu umat Islam merefleksikan sifat dasar Islam yang egaliter," tulisnya. "Kami sangat mencintai dan peduli pada umat kami. Kami paham, orang akan punya beragam kesimpulan menyangkut prinsip Islam tentang perempuan memimpin salat."

Peristiwa itu sampai memicu perbincangan hangat di Timur Tengah. Grand Syaikh Al-Azhar Mesir, Dr. Syed Thantawi, angkat bicara lewat koran Al-Ahram. Ia meneguhkan pemahaman umum bahwa pada dasarnya wanita tidak boleh mengimami laki-laki. Baru boleh bila makmumnya perempuan. "Karena tubuh wanita itu aurat," kata Thantawi.

Ketika perempuan mengimami laki-laki, makmum laki akan melihat tubuh wanita. "Itu tidak patut," katanya. "Dalam ibadah, tidak boleh ada sesuatu hal yang merusak nilai kekhusyukan." Thantawi lalu menyitir surat Ali Imran ayat 14: ''Dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan pada wanita''. ''Ayat itu menyiratkan bahwa perempuan bisa mengundang syahwat lelaki. Ini bertentangan dengan prinsip khusyuk dalam salat," kata Thantawi di koran terbesar Kairo itu.

Pandangan mufti terkemuka, Dr. Yusuf Qardlawi, juga diedarkan di situs Islam Online untuk merespons isu itu. Pendapatnya seirama dengan Thantawi. Sepanjang sejarah Islam, kata Qardlawi, tak pernah terdengar perempuan menjadi imam salat Jumat atau menjadi khatib. "Bahkan di era Sagharat Ad-Dur, perempuan yang memimpin Mesir zaman Dinasti Mamluk, hal itu tak terdengar," ujar Qardlawi.

Menurut penelitian KH Husein Muhammad, sejak zaman klasik, isu ini sudah jadi kontroversi ulama fikih. Kiai muda asal Cirebon itu terhitung tekun meriset kitab-kitab klasik Islam seputar isu perempuan. Hasilnya dibukukan dengan judul Fiqh Perempuan (2001). Para ulama fikih dari empat mazhab besar: Hanafi, Maliki, Syafi'i, dan Hanbali, sepakat bahwa perempuan tak boleh mengimami salat laki-laki. Bahkan Malik bin Anas, pendiri mazhab Maliki, juga melarang perempuan mengimami perempuan.

Sedangkan ulama yang membolehkan adalah Abu Tsaur (w. 854 M), seorang mujtahid besar, Ibnu Jarir At-Thabari (w. 923 M), dan Imam al-Muzani (w. 264 H). Thabari adalah ahli tafsir terkemuka, ahli fikih, dan sejarawan. Sedangkan Muzani adalah murid utama Imam Syafi'i. Peta demikian, kata Husein, bisa ditemukan dalam buku klasik Al-Majmu Syarh al-Muhadzab karya Syarafuddin an-Nawawi dan buku ensiklopedi fikih kontemporer Al-Fiqh al-Islami wa Adillatuhu karya Dr. Wahbah Zuhaili.

Riset Nevin Reda, aktivis Canadian Council of Muslim Women, menambahkan bahwa Abu Sulaiman Daud (w. 884 M), pendiri mazhab Dzahiri, juga membolehkan. Artikel serius Nevin yang menelusuri perdebatan mendalam seputar imam perempuan dimuat di situs Muslim Wake Up! Dan menjadi dasar pembenaran aksi Amina.

Di antara pangkal sengketa itu adalah adanya dua hadis Nabi. Yang satu melarang wanita menjadi imam, yang lain membolehkan. Sementara ayat Al-Quran tidak ada yang spesifik mengatur wanita sebagai imam. Larangan berasal dari hadis riwayat Ibnu Majah: ''Jangan sekali-kali perempuan menjadi imam laki-laki.''

Sedangkan yang membolehkan adalah hadis riwayat Abu Daud. Alkisah, Ummu Waraqah binti Naufal minta izin Nabi untuk Perang Badar. Namun Nabi memintanya tetap di rumah. Nabi lalu memberinya seorang muazin dan memerintahkan Ummu Waraqah menjadi imam bagi penghuni rumahnya (ahla dariha). Diriwayatkan Abdurrahman bin Khallad bahwa muazin yang dikirim itu seorang lelaki tua.

Dalam penelusuran Husein Muhammad dan Nevin Reda, hadis riwayat Ibnu Majah yang melarang itu berstatus lemah (daif). Karena dari rangkaian perawinya ada nama Abdullah bin Muhammad al-Adawi yang disanksikan integritasnya oleh para pakar hadis. Imam Bukhari, misalnya, menyatakan bahwa hadis riwayat Al-Adawi adalah mungkar (tak diterima). Pandangan serupa dikemukakan Ibnu Hibban dan Imam Ad-Daruquthni.

Sedangkan hadis Abu Daud yang membolehkan dinilai valid. Perawinya, Al-Walid bin Abdullah dan Abdurrahman bin al-Khallad, dinilai jujur oleh Imam Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Hibban. Dengan alur ini, pendukung imam perempuan mendapat pembenaran. Namun Husein Muhammad menunjukkan, penentang imam perempuan punya pertimbangan selain hadis. Yaitu antisipasi terjadinya fitnah. Bahwa kehadiran perempuan bisa menggoda kekhusyukan lelaki.

Bagaimana bila lelakinya sudah kebal godaan? Polemik ini memang tak bisa disemprit. Yang pro dan kontra selalu punya pegangan.

Asrori S. Karni, dan Didi Prambadi (New York)
[Agama, Gatra Nomor 20 Beredar Senin, 28 Maret 2005]
www.gatra.com

BlackBerry, Dorong "E-mail"

Mungkin ada diantara kita yang menggunakan layanan BlackBerry Indosat. =============================================================
SIAPA saja sekarang menjadikan e-mail sebagai fitur komunikasi modern
untuk berbagai keperluan. Dan siapa saja pasti akan duduk di belakang
komputer hanya untuk memeriksa apakah ada e-mail untuk dirinya.
Bahkan, kalau tidak berada di rumah atau di kantor kita pun akan
menyempatkan diri untuk masuk ke warnet hanya sekadar untuk memeriksa
e-mail.

Fasilitas e-mail sekarang ini ibarat telepon seluler yang selalu
harus berada di sisi kita. Walaupun tidak ada yang penting dan
mendesak, e-mail selalu harus dibuka walaupun isinya mungkin hanya
berita-berita dari milis atau bahkan spam sekalipun.

Sekarang, dengan berbagai konvergensi teknologi yang terjadi antara
sistem teknologi telekomunikasi dan teknologi informasi, e-mail pun
bisa masuk ke dalam telepon seluler atau perangkat digital lainnya
seperti PDA (Personal Digital Assistant). Awalnya, memang ada
persoalan ketika e-mail harus masuk ke dalam telepon seluler.

Masalahnya, ketika e-mail tersebut memiliki sisipan (attachment)
laporan keuangan yang dikirim melalui e-mail menggunakan pengolah
angka Excel, misalnya. Sebelumnya, juga banyak masalah ketika e-mail
dicoba dibuka pada telepon seluler, seperti subyek e-mail yang
terpotong sehingga kita tidak bisa memperkirakan apakah e-mail
tersebut penting atau tidak.

Indosat melalui layanan seluler Matrix menawarkan sistem BlackBerry
yang menawarkan push e-mail. Tapi dalam sistem BlackBerry ini
penggunanya harus korporasi karena harus menyediakan server sendiri
agar semua e-mail yang masuk bisa didorong ke perangkat BlackBerry.

Solusi lain adalah yang ditawarkan oleh space2go (www.space2go. de),
sebuah aplikasi yang terpasang pada telepon seluler melalui OTA (Over
the Air) sehingga penggunanya tidak dipusingkan dengan masalah
instalasi.

Dan dalam waktu dekat, teknologi push e-mail ini tidak lagi
didominasi oleh satu merek saja karena memang sudah menjadi kebutuhan
orang banyak, terutama para pengguna telepon seluler.

[IPTEK] Linux Red Hat, Harusnya Gratis Atau Berbayar?

Red Hat butuh waktu 16 bulan untuk mengembangkan Linux premium, yang akan dijualnya seharga US$2.499 per komputer per tahun. Namun dalam waktu kurang dari dua minggu, sekelompok programer membagikan hasil kloningnya secara gratis.

Hasil kloning produk Red Hat disediakan gratis oleh proyek Community Enterprise Operating System (CentOS). CentOS adalah satu dari sejumlah kelompok yang 'menulis ulang' produk-produk Red Hat. CentOS dan komunitas lainnya seperti Lineox, White Box Linux, Tao Linux, X/OS Linux dan Scientific Linux, semuanya mengkloning Red Hat Enterprise Linux
(RHEL) dari komponen kode sumber yang dirilis Red Hat.

Sebagai 'penulis ulang' RHEL, CentOS tidak merasa hal ini melanggar aturan. "Kami sebisa mungkin melakukan penyalinan secara legal," kata Greg Kurtzer, pendiri Caos Foundation yang menjalankan proyek CentOS, seperti dikutip dari Cnet News.com, Senin (28/3/2005). Menurutnya, dalam usahanya menjaga kepuasan pelanggan, CentOS berusaha membuat security update secepat mungkin. Ada jaminan informal, bahwa kami akan mengeluarkannya 24 jam setelah Red Hat merilis yang asli, kata Kurtzer.

Meski tidak menyebut angka pasti, Kurtzer memperkirakan ada ribuan bahkan puluhan ribu pengguna hasil karya CentOS. Komunitas ini mengeluarkan karya pertamanya pada bulan Desember 2003.

Jika perkiraan Kurtzer benar adanya, bisa dibilang produk-produk CentOS banyak penggemarnya. Memakai produk gratis tentunya menjadi alasan utama bagi mereka untuk setia pada produk-produk hasil kloning. Terlebih, tidak ada yang mengatakan hal itu dilarang.

Bagi komunitas 'penulis ulang' Red Hat, tindakannya benar karena di sisi lain mereka juga tidak menyalahkan Red Hat yang berusaha mencari uang dari usahanya.

"Red Hat harusnya berterima kasih atas aksi kloning yang dilakukan," kata Kurtzer. "Saya tidak akan menyalahkan mereka karena berusaha berjualan," imbuhnya.

Beberapa pengguna Linux menilai, Red Hat terlalu tinggi dalam menempeli bandrol harga pada Linux buatannya. "Alasan utama pengguna memilih Linux adalah karena masalah biaya," kata Brian Trudeau, dari Eastek International dari Buffalo, New York, perusahaan ini menggunakan produk-produk CentOS. "Kenapa harus membayar Red Hat kalau harganya jadi semahal Windows?" keluhnya.

Bagi perusahaan sekelas Red Hat - yang agresif menyusun skema harga, untuk meraih keuntungan sebagai pedagang sistem operasi open source terbesar - hasil kloning yang beredar secara gratis ini, menimbulkan dua dampak yang bertentangan.

Di satu sisi karena dibagikan secara gratis, salinan Red Hat ini akan menjauhkan calon konsumen yang berpotensi membeli software beserta dukungannya. Di sisi lain, aksi ini dipandang akan membantu menumbuhkan dominasi Red Hat. Selain itu, penyebarannya bisa saja sampai kepada pengguna yang berpikir bahwa layanan dan kualitas software Red Hat, layak dihargai dengan uang.

Software gratis dan legal ini memang memikat para pengguna Linux. "Saya tidak harus membayar untuk Linux, dan saya tidak ingin berlangganan dengan model yang ditawarkan Red Hat untuk memperoleh layanan," kata Collins Richey, penggemar Linux dari Denver yang menggunakan CentOS pada komputernya, untuk menjaga kompatibilitasnya dengan komputer di kantor. "Saya memutuskan untuk memakai CentOS untuk dipakai secara terbatas di tempat kerja."

Juru bicara Red Hat, Leigh Day menilai tindakan ini sebagai "berita bagus" sebab hal ini dipandang dapat mengundang pelanggan baru.

"Jika mereka membandingkan versi software yang dilengkapi dukungan dengan yang tidak, mereka akan memahami nilai yang harus dipertimbangkan untuk Linux," kata Day. "Ini akan mendorong mereka untuk mencari perusahaan penyedia, guna mencari dukungan untuk aktivitas bisnis mereka," kata Day.

Meski ada produk alternatif yang tersedia secara gratis, penjualan Red Hat meningkat dari 33.000 pada kuartal yang berakhir November 2003, menjadi 132.000 setahun kemudian. Pertumbuhannya cukup solid, meski tidak mencapai angka tertinggi 144.000, yang tercatat pada kuartal yang berakhir Agustus 2004.